Kamis, 16 Mei 2013

Adab Makan


ADAB MAKAN DAN MINUM

ADAB MAKAN
1.       Memilih makanan dan minuman yang baik,halal dan bersih dari noda-noda haram dan syubhat.sebagaimana firman Allah swt “...Makanlah yang baik-baik dari apa yang telah kami rizqikan kepadamu..” (QS.Al-A’raf:160).
2.       Berniat dengan makan dan minumnya agar kuat untuk beribadah kepada Allah,dengan tujuan agar makanan dan minumannya mendapatkan pahala dari Allah swt.
3.       Hendaklah membersihkan kedua belah tangannya jika kotor atau tidak yaqin kebersihannya.
4.       Hendaklah duduk dengan sopan,yaitu dengan cara berlutut dan duduk diatas kedua telapak kakinya,atau duduk bersilah dengan kaki kanan ditegakkan sebagaimana duduknya Rasulullah saw.
5.       Hendaklah rela dengan makanan yang ada dan tidak boleh mencela makanan.Bila suka makanlah dan bila tidak suka maka tinggalkanlah. Dari abu hurairoh meriwayatkan hadits: “Rasulullah saw tidak pernah sekalipun mencela makanan.jika ia suka dimakannya dan jika ia tidak suka ia tinggalkan.” (HR.Abu Daud)
6.       Hendaklah makan bersama orang lain,baik tamu,keluarga,anak atu pembantu

ADAB DI WAKTU MAKAN.
1.       Mulailah dengan , basmallah. Sebagaimana sabda nabi saw:” apabila seorang dari kamu makan maka sebutlah nama allah,dan bila lupa menyebut nama Allah pada awalnya,maka ucapkanlah: Bismillahi awwaluhu wa akhirohu.” (HR.Abu daud dan tirmidzi).
2.       Hendaklah diakhiri dengan membaca Alhamdulillah,kerena Rasulullah saw bersabda:”siapa yang makan kemudian membaca alhamdulillahiladzi at’amani hadza warazaqonihi min goiri haulin wala quwwatin (segala puji bagi Allah yang telah memberi makanan dan dia memberi rezeki pada saya dengan tiada daya dan kekuatandari padaku),maka diampuni dosanya yang telah lalu. (HR.Muttafaq ‘alaih).
3.       Hendaklah makan dengan tiga jari tangan kanannya,perkecil suapannyadan mengunyahnya dengan baik serta memulainya dari tepi,bukan darimtengah wadah,karena Nabi  muhammad saw bersabda:”Berkah itu turun di tengah-tengah  makanan,maka makanlah dari tepi-tepinya dan jangan makan dari tengah-tengahnya.(HR.Muttafaq ‘alaih)
4.       Hendaklah mengunyah makan dengan baik dan menghabiskan makana yang menempel pada piring dan jari-jarinya sebelum membersihkannya dengan air.Rasulullah saw bersabda:” jika salah seorang dari kamu makan,maka jangan dulu mencuci tangannya sebelum menghabiskan makanan yang menempel di tangan,”(HR.Abu daud dan tirmidzi).
5.       Apabila makanan yang di makan jatuh,hendaklah di buang yang kotornya dan makanlah yang bersih,karena nabi muhammad saw bersabda:”Apabila jatuh makan dari salah seorang kamu hendaklah diambilnya dan dibersihkan kotorannya dan memakannya serta jangan dibiarkan untuk setan.(HR.Muslim)
6.       Jangan meniup-niup makanan atau minuman yang panas supaya dingin .tapi biarkanlah menjadi dingin dulu baru dimakan atau diminum.Hendaklah mengambil nafas tiga kali dalam sekali minum.Hal ini didasarkan pada hadits anas:”Rasulullah saw bernafas tifa kali dalam sekali minum”.(HR.Tirmidzi).
7.       Jangan makan terlalu kenyang.Rasulullah saw bersabda:” Tidaklah salah seorang anak adam memenuhi kantung yang lebih buruk dari perutnya,cukuplah ia mengisi sulbinya dengan beberapa suap makanan.Apabila tidak bisa maka hendaklah sepertiga untuk makanan,sepertiga untuk minuman, dan sepertiga untuk nafas”(HR.Tirmidzi,ibnu majah dan ahmad).
8.       Hendaklah membagi makanan atau minuman itu mulai dari yang paling tua dari hadirin yang duduk,lalu berturut kepada yang disamping kanannya dan seterusnya hingga kepada yang membagi makanan atau minuman itu.
9.       Janganlah mendahului makan atau minum.dalam satu majelis yang berhak lebih dahulu adalah yang paling tua atau yang punya kelebihan,sebab mendahului makan itu tidak sopan dan menyebabkan kawannya akan menuduh tamak sebagai sifat yang tercela.
10.    Tidak sepantasnya berkata kepada kawannya atau tamunya:Makanlah.seperti memaksanya agar lebih dahulu makan.Tapi seharusnya dia makan lebih dahulu dengan sopan secukupnya tanpa malu-malu.
11.    Hendaklah ikut makan bersama kawan atu tamunya,tapi janganlah makan lebih banyak dari mereka,apalagi jika makannya sedikit,karena hal itu berarti memakan hak orang lain.
12.    Janganlah melihat suapan kawannya ketika makan sebab mereka akan merasa malu dan menimbulkan per asaan tidak enak dan marah bagi mereka.
13.    Janganlah berbuat sesuatu yang menjijikkan orang lain,seperti mendekatkan kepala pada orang waktu makan,agar makanan tidak jatuh dari mulutnya ke piring,demikian juga jangan mengatakan sesuatu yang menimbulkan rasa jijik dan kotor,karena mungkin sebagian kawannya merasa terganggu.
14.    Hendaklah sekali-kali mengajak makan orang miskin sebagai tanda kasih sayang kepada mereka .Atau mengajak kawan makan untuk menumbuhkan rasa kegembiraan dan keakraban.juga kepada orang-orang yang punya kedudukan sebagai penghormatan dan penghargaan.

ADAB SESUDAH M AKAN
1.       Berhenti makan sebelum kenyang.
2.       Membersihkan tangan kemudian membasuh atau mencucinya dan mencuci tangan lebih utama.
3.       Memungut makanan yang jatuh waktu makan,karena hal itu dianjurkandan termasuk mensyukuri nikmat.
4.       Membersihkan gigi dari sisa-sisa makanan dengan cara berkumur untuk membersihkan mulut.karena mulut yang bersih dapat berzikir kepada allah.
5.       Hendaklah membaca alhamdulillah setelah makan dan minum.


(Ummu Syahidah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar