Jumat, 21 Juni 2013

Shaum tapi tdk sholat


Pertanyaan
 Ustadz saya mau Tanya, bagaimana jika ada orang melakukan shoum(puasa) tapi tidak sholat  wajib ? atas jawabannya saya ucapkan, jazaakumullah khoiron katsiron,semoga majalah fajar islam senantiasa bisa lebih baik lagi.
  
Jawab
Syukron atas pertanyaanya, sudah menjadi maklum bahwa setiap muslim wajib menunaikan yang diwajibkan oleh Allah SWT agar ia bisa mendapatkan ridho dan rahmat-NYA dan bisa menjadi Qurbah serta memperoleh pahala yang lebih baik lagi. tentunya kadar pahala orang yang melaksanakan  perintah Allah dengan menyeluruh dan kadar pahala orang yang melaksanakan perintah Allah tidak sempurna tentunya juga berbeda.dengan begitu ikatan dirinya dengan Allah semakin kuat. Hanya saja memang tidak  ada sangkut
paut antara gugurnya tanggungan dari kewajiban yang telah ia laksanakan dengan kewajiban yang masih ia sepelekan. Masing-masing ada hukuman dan pahalanya. Maka barang siapa yang shoum tapi tidak sholat, kewjiban shoumnya gugur dan Allah tidak menghukumnya. Adapun jika ia meninggalkan sholat, maka hal itu adalah dosa dan hukumannya akan ia dapatkan dari Allah. Meskipun tak diragukan lagi bahwa pahala shoum orang yang melaksanakan semua perintah Allaha dalah jauh lebih baik dari yang hanya menjalankan perintah Allah tidak menyeluruh. Orang yang pertama jelas kewajibannya  gugur dan pahalanya bisa diharapkan karena hubungan baiknya dengan Allah, sedang orang kedua, kewajibannya gugur dan ia tidak mendapat pahala, kecuali atas rahmat Allah. Maka beda antara keutamaan keduanya bukan dari segi pahalanya, namun dari sisi menjalankan ibadah secara menyeluruh atau tidak. Wawlaalahu ‘alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar